Mukomuko (Antara) - Pejabat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menargetkan pencairan dana desa tahap pertama sebesar 60 persen dari pemerintah pusat pada bulan April tahun ini.

"Kami targetkan pencairan dana desa pada April 2017," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Saroni, di Mukomuko, Jumat.

Sebanyak 148 desa di Kabupaten Mukomuko pada tahun ini mendapatkan dana yang bersumber dari APBD sebesar Rp54 miliar dan APBN sebesar Rp115 miliar.

Ia mengatakan, sekarang ini instansi itu masih menunggu kepastian pencairan dana untuk 148 desa dari pemerintah pusat.

"Kalau awal bulan April dana desa dari pusat sudah masuk, pada waktu itu juga kita proses administrasi untuk pencairan dana untuk 148 desa untuk tahap pertama sebesar 60 persen," ujarnya.

Ia mengatakan, instansi itu sudah membuat payung hukum berupa peraturan bupati yang mengatur tentang mekanisme pencairan dan pembagian dana untuk 148 desa di daerah itu.

Ia menyebutkan, dengan total dana bantuan untuk desa yang bersumber dari APBD dan APBN, maka setiap desa rata-rata menerima dana desa di atas Rp1 miliar.

Ia optimistis, dengan total dana bantuan untuk 148 desa pada tahun ini dapat membuat desa menjadi mandi sekaligus dapat meningkatkan mensejahterakan ekonomi masyarakatnya.***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017