Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengusulkan dana operasional untuk petugas yang memproses pembuatan surat tanda daftar budi daya perkebunan gratis bagi petani setempat.

"Kami usulkan dana operasional untuk itu berasal dari dana perjalanan dinas dalam daerah di dinas ini. Dana itu untuk membiayai operasional petugas yang turun melakukan pengukuran lahan milik pemohon surat tanda daftar budi daya (STDB) perkebunan," kata Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Wahyu Hidayat, di Mukomuko, Senin.

Dinas Pertanian Mukomuko mengusulkan dana operasional tersebut karena bidang itu tidak ada dana untuk memproses pembuatan STDB perkebunan.

Ia mengatakan jika anggaran untuk itu dicoret, maka alternatif lainnya adalah menggunakan dana perjalanan dinas pegawai negeri sipil dalam daerah.

Ia menjelaskan bidang itu membutuhkan anggaran itu untuk biaya operasional petugas yang mengukur lahan perkebunan milik petani yang mengajukan permohonan STDB perkebunan.

Sedangkan, lanjutnya, pemohon STDB perkebunan di daerah itu cukup mengajukan surat permohonan dilengkapi persyaratan peta lahan dan surat lahan.

Ia menyebutkan saat ini sudah ada delapan orang petani yang mengajukan permohonan pembuatan STDB Perkebunan dengan luasan bervariasi mulai dari dua hingga tiga hektare.

Ia berharap pembuatan STDB perkebunan untuk petani setempat gratis seperti tahun 2014 hingga 2016.***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017