Rejang Lebong (Antara) - Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong melalui Dinas Ketahanan Pangan setempat menyiapkan ribuan bibit cabai yang akan diberikan secara gratis kepada masyarakat di daerah ini.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Rejang Lebong Syafril Johan, di Rejang Lebong, Selasa, menjelaskan bibit cabai gratis yang mereka siapkan ini nantinya akan dibagikan untuk mendukung program pemanfaatan tanah pekarangan dengan tanaman kebun sayuran.

"Pembagian bibit cabai gratis ini juga untuk mendukung visi dan misi bupati dan wakil bupati Rejang Lebong berupa program pembagian bibit gratis. Bibit cabai ini untuk mendorong masyarakat memanfaatkan pekarangan," katanya lagi.

Bibit cabai gratis yang akan dibagikan pada peringatan HUT ke-137 Kota Curup pada Mei mendatang, kata dia, saat ini masih dalam proses penyemaian di halaman kantor Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Rejang Lebong.

Bibit cabai yang disiapkan itu mencapai 1.500 batang, dan akan langsung dimasukkan ke dalam polybag, sehingga nantinya bisa langsung ditanam oleh masyarakat pada 15 kecamatan di Rejang Lebong

Bibit cabai merah keriting yang akan dibagikan itu adalah jenis cabai lokal yang dinilai lebih tahan terhadap serangan penyakit dan tumbuh relatif lebih lama dibandingkan dengan tanaman cabai jenis lainnya. Selain itu, untuk perawatannya juga lebih mudah.

Dia berharap masyarakat 15 kecamatan di Rejang Lebong ke depannya bisa memanfaatkan tanah pekarangan untuk bercocok tanam sayuran yang merupakan kebutuhan sehari-hari masyarakat.

"Bibit cabai yang dibagikan ini untuk mendorong masyarakat agar bisa memanfaatkan tanah pekarangannya bagi pemenuhan kebutuhan rumah tangga masing-masing," ujarnya pula.***3***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017