Mukomuko (Antara) - Warga Kecamatan Kota Mukomuko, Provinsi Bengkulu, berharap Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Selagan kembali beroperasi dan menyalurkan air bersih ke rumah-rumah penduduk.

"Warga di wilayah ini sangat membutuhkan air bersih dari PDAM. Sejak perusahaan tidak beroperasi selama tiga tahun di wilayah ini, warga kesulitan mendapatkan air bersih," kata warga Kelurahan Bandar Ratu, Hartono, di Mukomuko, Senin.

Ia menyatakan, mayoritas warga di wilayah tersebut memiliki sumur gali dan sumur bor, namun tidak menggunakan airnya untuk minum dan memasak.

Ia mengungkapkan, warga di wilayah itu tidak berani menggunakan air sumur untuk minum dan masak karena keruh dan kehitam-hitaman.

"Warga di sini menggunakan air tabung isi ulang untuk minum dan masak," ujarnya.

Ia menyebutkan, kualitas air sumur gali dan bor warga di wilayah itu semakin buruk sejak hujan jarang turun di wilayah itu. Sehingga warga terpaksa menyaring air itu.

Warga Keluraha Koto Jaya Ibnu mengatakan air sumur gali dan sumur bor di wilayah itu menjadi keruh sejak hujan jarang turun di wilayah tersebut.

Selain itu, katanya, wilayah tersebut berada di rawa sehingga air sumur cepat keruh saat hujan jarang turun.

Ia berharap, perusahaan daerah air minum (PDAM) setempat menyalurkan air bersih ke rumah warga di wilayah tersebut.***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017