Rejang Lebong (Antara) - Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyatakan dua dari 122 desa di daerah itu mencairkan dana desa.

Menurut keterangan BPKD Rejang Lebong, Safuan di Rejang Lebong, Kamis, kedua desa yang sudah mencairkan DD tahap pertama untuk alokasi 2017 ialah Desa Air Merah, Kecamatan Curup Tengah dan Desa Mojorejo, Kecamatan Selupu Rejang.

"Sampai dengan hari ini tanggal 8 Juni 2017, sudah ada dua desa di Kabupaten Rejang Lebong yang telah mencairkan dana desa tahap pertama yakni Desa Mojorejo dan Desa Air Merah," katanya.

Kedua desa yang sudah mencairkan dana desa tahap pertama tersebut kata dia, untuk Desa Samberejo dengan besaran dana yang dicairkan sebesar Rp492,9 juta. Kemudian Desa Air Merah dengan besaran Rp466 juta.

Selain menginformasikan sudah ada dua desa yang mencairkan DD yang diterima masing-masing desa, dirinya juga menyampaikan untuk pencairan anggaran dana desa (ADD) sudah ada tiga desa yang mengambilnya untuk tahap pertama.

Tiga desa yang sudah mencairkan ADD itu dua desa berasal dari Kecamatan Selupu Rejang, yaitu Desa Samberejo dengan besaran dananya mencapai Rp40,9 juta. Kemudian Desa Kali Padang sebesar Rp30,4 juta, serta Desa Air Merah, Kecamatan Curup Tengah dengan besaran Rp31,7 juta.

"Untuk Desa Kali Padang ini baru mencairkan dana ADD sedangkan untuk dana desa atau DD proses administrasinya belum selesai sehingga belum bisa dicairkan. Selain ketiga desa ini yang sudah mencairkan ADD saat ini sudah 10 desa lainnya yang masih dalam proses pencairan," ujarnya.

Pihaknya akan membantu kemudahan pengurusan pencairan DD dan ADD dengan syarat masing-masing desa penerimanya dapat melengkapi berkas administrasi, jika berkasnya lengkap maka proses pencairan bisa dilakukan dalam satu hari saja.

Sebelumnya, Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Rejang Lebong memberikan tenggat batas akhir pencairan DD wilayah itu paling lambat 10 Juli. Hal ini berdasarkan surat Menteri Keuangan Nomor 50/PMK/2017 tentang Pengelolaan Transfer Daerah Dana Desa. ***3*** 

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017