Rejang Lebong (Antara) - Kantor Cabang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Curup, Provinsi Bengkulu memberikan kemudahan pelayanan pengobatan bagi seluruh peserta yang akan mudik pada Lebaran 2017.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Curup Rizki Lestari, didampingi Kepala Unit Manajemen Pelayanan Kesehatan Primer Handoko Cokro Putranto, saat menggelar jumpa pers, di Rejang Lebong, Kamis, menjelaskan para peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang akan berobat saat berada di luar daerah bisa langsung datang ke IGD rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

"Mereka bisa langsung berobat baik dalam kondisi emergensi atau non-emergensi di luar wilayah, tanpa harus membawa rujukan dari faskes tingkat pertama dengan syarat harus ada kartu JKN KIS yang aktif. Kebijakan ini mengacu pada prisip probabilitas," katanya lagi.

Kemudahan pelayanan bagi peserta JKN-KIS yang akan mudik Idulfitri 1438 Hijriah tersebut, kata dia, diberlakukan secara nasional. Kebijakan ini untuk membantu peserta JKN-KIS yang mengalami sakit saat akan mudik ke kampung halamannya.

Penyederhanaan prosedur itu mulai berlaku sejak 19 Juni hingga 2 Juli mendatang yang merupakan saat musim mudik. Untuk itu para peserta agar selalu membawa kartu JKN-KIS baik kartu BPJS Kesehatan, kartu Askes, Jamkesmas, dan kartu jaminan kesehatan lainnya.

Bagi pemudik yang akan mendapat pelayanan kesehatan di wilayah BPJS Kesehatan Curup, kata dia lagi, untuk di Kabupaten Rejang Lebong bisa berobat ke RSUD Curup, kemudian wilayah Kabupaten Kepahiang di RSUD Kepahiang, RSUD Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara, dan RSUD Lebong di Kabupaten Lebong.

Selama libur lebaran nantinya bagi masyarakat masih tetap bisa menghubungi BPJS Kesehatan melalui call centre 1500-400, baik untuk melakukan pendaftaran peserta, memperoleh informasi hingga konsultasi kesehatan dan lainnya.***4***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017