Mukomuko (Antara) - Pejabat Pejabat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan sebagian dana desa di daerah itu untuk membiayai pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak pada 2018.

"Mungkin nanti dana pokok dari anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) karena sudah sebesar 10 persen dana alokasi umum (DAU) daerah ini ke desa," kata Kabid Pemerintah Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Eka Purwanto di Mukomuko, Sabtu.

Sebanyak 38 desa yang tersebar di 15 kecamatan di daerah itu menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak pada tahun 2018.

Ia mengatakan, sebesar 10 persen DAU daerah ini ke desa sehingga anggaran pilkades serentak bisa di atasi menggunakan dana desa masing-masing.

Pemerintah daerah setempat paling mengalokasikan dana tetap mengalokasikan dana pendampingan untuk tim kabupaten dan kecamatan.

Terkait dengan persiapan pilkades serentak tahun 2018, dia mengatakan, saat ini instansi itu sedang menyusun perencanaan pilkades serentak, termasuk jadwal pilkades serentak pada tahun 2018.

Ia menyatakan, pada tahap awal ini instansi itu akan melakukan pemetaan ulang untuk memastikan jumlah desa yang melaksanakan pilkades serentak.

Selain itu, katanya, pemetaan masa jabatan setiap kepala desa di desa yang akan melaksanakan pilkades serentak tahun 2018. ***2***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017