Mukomuko (Antara) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan memanfaatkan pelepah tanaman kelapa sawit untuk pakan alternatif hewan ternak di daerah itu.

"Kami akan mencoba memanfaat pelepah tanaman kelapa sawit karena untuk pakan hewan ternak sapi, kerbau dan kambing," kata Kabid Sumber Daya Alam dan Teknologi Tepat Guna Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Ngadiono, di Mukomuko, Sabtu.

Ia mengatakan hal itu setelah mendapat informasi terkait manfaat pelepah tanaman kelapa sawit untuk pakan hewan ternak dari petani setempat.

Ia mengatakan, sampai sekarang instansi itu belum mengetahui kandungan yang ada dalam pelepah tanaman kelapa sawit dan manfaatnya untuk hewan ternak.

Pihaknya, katanya, akan mengujinya terlebih dahulu untuk memastikan pelepah tanaman kelapa sawit itu bisa untuk pakan hewan ternak.

"Banyak tanaman kelapa sawit di daerah ini, tetapi kami belum tahu manfaatnya untuk hewan ternak," ujarnya.

Ia mengatakan, selanjutnya instansi itu yang akan mengupayakan teknologi tepat guna untuk mengolah pelepah tanaman kelapa sawit menjadi kecil untuk pakan hewan ternak.

Ia mengatakan, pihaknya memanfaatkan pelepah tanaman kelapa sawit untuk pakan hewan ternak agar pelepah tanaman kelapa saawit itu tidak terbuang percuma.***1***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017