Mukomuko (Antara) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, merancang teknologi tepat guna untuk membuat pelepah tanaman kelapa sawit menjadi pakan alternatif hewan ternak di daerah itu.

"Kami sedang mempersiapkan programnya, kemudian merancang teknologi untuk pencacah pelepah sawit sampai halus untuk pakan ternak," kata Kabid Sumber Daya Alam dan Teknologi Tepat Guna Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Ngadiono di Mukomuko, Selasa.

Pemerintah daerah setempat melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa akan memanfaatkan pelepah tanaman kelapa sawit untuk pakan hewan ternak sapi, kerbau dan kambing.

Ia memastikan, kandungan yang terdapat dalam pelepah tanaman kelapa sawit bisa untuk pakan hewan ternak.

Sekarang, katanya, daerah itu membutuhkan teknologi tepat guna atau peralatan sederhana yang bisa penghancur pelepah tanaman kelapa sawit agar pelepah itu bisa dimakan oleh hewan ternak.

Ia mengatakan, instansinya akan berkoordinasi dengan Balai Latihan Kerja (BLK) setempat terkait peralatan yang bisa untuk mengolah tanaman kelapa sawit menjadi pakan ternak.

Menurut dia, selama ini pihak BLK yang merancang sejumlah peralatan dan mesin untuk kepentingan usaha kecil menengah di daerah itu.

Ia mengatakan, pihaknya memanfaatkan pelepah tanaman kelapa sawit untuk pakan hewan ternak agar pelepah tanaman kelapa saawit itu tidak terbuang percuma. ***1***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017