Bengkulu (Antara) - Komisi Pemilihan Umum Kota Bengkulu mengajak para calon kepala daerah setempat yang menyatakan diri akan maju pada Pilkada 2018 agar saling bekerja sama menciptakan suasana kondusif di tengah masyarakat.

"Kita tidak bisa menindak jika ada sikap-sikap yang diduga akan menciderai pemilu, karena bukan ranah KPU apalagi tahapan kampanye belum dimulai, oleh karena itu sifatnya KPU saat ini masih mengajak," kata Ketua KPU Kota Bengkulu Darlinsyah di Bengkulu, Minggu.

Para calon kepala daerah berperan penting dalam menciptakan suasana kondusif, aman dan tertib di tengah masyarakat, sebab jika para calon bersaing sehat hal itu tidak akan memantik golongan bawah untuk bersikap anarkis.

Begitu juga dengan partai politik pengusung serta unsur-unsur tokoh daerah, menurut Darlin mereka hendaknya memberikan contoh sikap dewasa dan cara-cara terhormat dalam pilkada.

"Dengan contoh baik tersebut akan memberikan pembelajaran politik bagus bagi masyarakat, sehingga nantinya sesuai dengan harapan kita semua yakni pemilih di Bengkulu ini seluruhnya menjadi pemilih cerdas," kata Darlin.

Komisi Pemilihan Umum pada Sabtu 19 Agustus 2017 meluncurkan tahapan Pemilihan Kepala Daerah 2018 untuk Kota Bengkulu.

Kota Bengkulu menjadi daerah pertama yang meluncurkan tahapan Pilkada 2018. Pemilu kali ini memakai maskot bernama "Kobekura" singkatan dari Kota Bengkulu kumpulkan suara rakyat.

"Kota Bengkulu menjadi yang pertama launching begitu juga dengan NPHD juga telah rampung lebih dulu, artinya akan lebih siap untuk menyelenggarakan pilkada," ujar Komisioner KPU RI Pramono Ubaid Tanthowi.***2***

Pewarta: Boyke LW

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017