Rejang Lebong (Antarabengkulu.com) - Dua desa di sekitar Danau Mas Harun Bestari (DMHB) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyatakan kesiapannya mendukung festival bunga yang akan dilaksanakan pada 2020 di daerah itu.

Kedua desa yang bersentuhan langsung dengan Danau Mas Harun Bestari yang berada di Kecamatan Selupu Rejang ini ialah Desa Karang Jaya dan Desa Mojorejo.

Kepala Desa Karang Jaya Rafiudin di Rejang Lebong, Sabtu, mengatakan di wilayah desa tersebut terdapat dua dusun yang menjadi penyangga kawasan wisata DMHB. Kedua Dusun ini ialah Dusun Talang Bandung dan Dusun Talang Rejo.

"Kedua dusun tersebut sudah kami tetapkan sebagai penyangga wisata Danau Mas Harun Bestari," katanya.

Penetapan kedua dusun yang ada di Desa Karang Jaya sebagai penyangga wisata DMHB sudah disampaikan kepada Bupati Rejang Lebong dalam pertemuan dengan bupati setempat bersama dengan instansi terkait belum lama ini.

Selain itu, pihaknya juga masih akan melakukan pendataan potensi pendukung wisata juga berupaya menggerakkan kalangan ibu-ibu PKK guna memanfaatkan pekarangan rumah masing-masing untuk ditanami aneka jenis bunga maupun buah-buahan dengan pembiayaan dari dana desa.

Hal yang sama juga diutarakan M Husen, Kepala Desa Mojorejo yang mengatakan festival bunga itu juga untuk menyukseskan program Visit Bengkulu 2020, di mana Kabupaten Rejang Lebong dijadikan salah satu daerah yang menjadi tujuan wisata dengan jenis kegiatan festival bunga di kawasan DMHB.

Sebelumnya Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Rejang Lebong, Selamet Riadi, menyebutkan daerah itu pada tahun ini akan membangun sarana dan prasarana pendukung di kawasan wisata DHMB, antara lain jalan lingkar, pengerukan DMHB maupun pembangunan sarana lainnya di dalam objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan ini. 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Riski Maruto


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017