Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Kesehatan setempat telah menetapkan sebanyak empat puskesmas di daerah itu sebagai tempat ramah anak.

"Sebanyak empat puskesmas tersebut berada di Kecamatan Lubuk Pinang, Kecamatan Kota Mukomuko, Kecamatan Air Manjuto dan Penarik," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Junharto, di Mukomuko, Jumat.

Ia menyatakan, sebanyak puskesmas yang ditetapkan sebagai tempat ramah anak tersebut sudah terakreditasi sehingga puskesmas tersebut mempunyai kewajiban memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Ia mengatakan, sebanyak empat puskesmas tersebut sudah menyediakan berbagai fasilitas pendukung sebagai tempat ramah anak.

"Puskesmas itu menyediakan fasilitas berupa ruangan khusus bermain bagi anak-anak pasien dan anak petugas kesehatan," ujarnya.

Selain itu, katanya, empat puskesmas itu sudah menerapkan kawasan tanpa rokok dan memberikan saksi denda kepada warga yang merokok di puskesmas tersebut.

Ia menyatakan, tidak hanya empat puskesmas itu saja sebagai tempat ramah anak tetapi sebanyak 17 puskesmas di daerah itu.

"Kami programkan seluruh puskesmas sebagai tempat ramah anak," ujarnya.***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017