Bengkulu (Antara) - Panitia Pengawas Pemilih (Panwaslih) Kota Bengkulu mulai merekrut tenaga pengawas pemilih tingkat kecamatan (panwascam) untuk Pilkada 2018.

Ketua Panwaslih Kota Bengkulu Sugiharto di Bengkulu, Selasa menyebutkan pendaftaran mulai dibuka pada 19 September 2017.

"Silahkan ambil berkas dan lengkapi syarat-syaratnya setelah itu kembalikan ke sekretariat sementara Panwaslih Kota Bengkulu," Kata dia.

Setiap kecamatan, kata dia, Panwaslih akan merekrut sebanyak tiga orang tenaga panwascam. Total keseluruhan yang direkrut yakni sebanyak 27 orang untuk sembilan kecamatan.

"Syarat umumnya yakni, umur, kewarganegaraan, kesehatan. Ketentuan khususnya harus berdomisili di kecamatan setempat, menandatangani pakta integritas," kata dia lagi.

Panwaslih tingkat kecamatan ini, kata Sugiharto, rencananya akan dilantik pada awal Oktober 2017, dan mulai aktif bertugas pada 13 Oktober sampai selesai tahap pemilihan.

"Setelah itu mereka akan diberi bimbingan teknis, dan tugas pertama mereka nantinya mengawasi perekrutan panitia pemilih kecamatan dan panitia pemungutan suara," ujarnya.

Untuk Pemilihan Kepala Daerah serentak 2018 ini, hanya satu daerah di Provinsi Bengkulu yang ikut menggelar yakni Kota Bengkulu. Jumlah pemilih sesuai dengan daftar pemilih tetap (DPT) sesuai Pilkada 2015 yakni sekitar 280 ribu jiwa.

"Kalau kita perkirakan untuk daftar pemilih seperti akan mencapai 300 ribu jiwa, nanti kita lihat saja pada pemutakhiran," pungkas Sugiharto. ***2***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017