Rejang Lebong (Antara) - Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Bengkulu menetapkan delapan sekolah di Kabupaten Rejang Lebong sebagai sekolah percontohan di daerah itu.

"Ada delapan sekolah di Kabupaten Rejang Lebong yang pada tahun ini dijadikan sekolah percontohan, mulai dari tingkat SD sampai SMA dan SMK," kata perwakilan LPMP Provinsi Bengkulu Lanjar Pramudi didampingi Kepala SMKN 3 Rejang Lebong Asep Suparman pada kegiatan Bimtek sekolah model yang dilaksanakan di SMKN 3 Rejang Lebong, Jumat.

Delapan sekolahan di Kabupaten Rejang Lebong yang menjadi percontohan oleh LMPP tersebut adalah SDN 13 Rejang Lebong, SDN 62 Rejang Lebong dan SDN 99 Rejang Lebong.

Selanjutnya tingkat SMP yakni SMPN 3 Rejang Lebong, SMPN 13 Rejang Lebong dan SMPN 14 Rejang Lebong. Sedangkan untuk tingkat SMA adalah SMAN 8 Rejang Lebong, dan untuk tingkat SMK diwakili oleh SMKN 3 Rejang Lebong.

Sementara itu untuk pelatihan sekolah model yang digelar LPMP di daerah itu tambah dia, dilaksanakan sejak 20-23 September, dimana pelaksanaannya dilaksanakan di dua lokasi yakni di SMKN 3 Rejang Lebong ini dan SMPN 13 Rejang Lebong.

Untuk di SMKN 3 Rejang Lebong pesertanya adalah SMKN 3 Rejang Lebong, SMAN 8 Rejang Lebong, SMPN 3 Rejang Lebong dan SMPN 14 Rejang Lebong. Dan Bimtek di SMPN 13 Rejang Lebong pelatihan diberikan untuk SDN 13 Rejang Lebong, SDN 62 Rejang Lebong dan SDN 99 Rejang Lebong dan SMPN 13 Rejang Lebong sebagai tuan rumah.

Bimtek tentang sistem penjaminan mutu internal (SPMI), yang dilaksanakan diwakili oleh enam orang utusan masing-masing sekolah dengan materi mulai dari standar nasional pendidikan hingga rapor mutu sekolah.

"Rapor mutu sekolah sendiri sangatlah penting, karena untuk mengukur mutu di sekolah tersebut yaitu berdasarkan rapor itu. Untuk itu kami harapkan sekolah-sekolah yang menjadi percontohan ini bisa mengimbaskan ilmu yang mereka dapat kepada sekolah imbas yang telah ditentukan," ujarnya.

Dijelaskan dia, tidak semua sekolah di Kabupaten Rejang Lebong menjadi sekolah imbas karena pihak LPMP Bengkulu telah menetapkan sejumlah sekolah yang akan dijadikan sekolah imbas seperti SMKN 3 Rejang Lebong sekolah imbasnya adalah SMKN 6 Rejang Lebong, SMKS Idhata Curup dan SMKS Muhammadiyah.***4***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017