Rejang Lebong (Antara) - Seorang anggota Polres Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, yang bertugas sebagai Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) berhasil membina kelompok tani di daerah itu.

Menurut keterangan Kasat Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polres Rejang Lebong AKP M Nurdai di Rejang Lebong, Sabtu, petugas Bhabinkamtibmas tersebut bertugas di wilayah Desa Purwodadi, Kecamatan Bermani Ulu.

"Anggota Polres Rejang Lebong yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Desa Purwodadi tersebut ialah Bripka Pasaribu, dia membuat inovasi dengan melakukan pembinaan kelompok tani Sidomulyo yang ada di wilayah itu sejak setahun terakhir," katanya.

Pembinaan kelompok tani yang dilakukan petugas oleh Bhabinkamtibmas itu tambah dia, saat ini sudah membuahkan hasil. Dimana tanaman yang dijadikan usaha kelompok ini ialah bawang merah.

Pengembangan tanaman bawang merah yang dilakukan Bripka Pasaribu bersama dengan masyarakat di wilayah pembinaannya itu kata dia, terbilang cukup sukses, karena dalam setahun mereka bisa panen sampai tiga kali.

"Dalam setahun ini mereka sudah panen tiga kali, dengan bibit pada awal penanamannya sebanyak 10 kg dengan hasil yang didapatkan hingga 700 kg," ujarnya.

Bawang merah hasil panen kelompok tani Sidomulyo itu kata Nurdai, selanjutnya sebagian dijual dan sebagian lagi dijadikan bibit untuk ditanam dengan areal tanam yang lebih luas lagi sehingga hasil yang akan didapatkan lebih banyak.

Budidaya tanaman bawang merah yang dilakukan kelompok tani di Desa Purwodadi dengan pembina dari anggota kepolisian itu kata dia, tercatat sebagai yang pertama di jajaran Polres Rejang Lebong dan hal ini menjadi kebanggaan karena selain bisa membantu perekonomian masyarakat juga bernilai positip bagi kesatuan sehingga tidak terkesan hanya bisa melakukan pembinaan dibidang hukum saja.***3***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017