Rejang Lebong (Antara) - Kantor Cabang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Curup, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyediakan layanan pendaftaran kepesertaan di lima kecamatan di daerah itu.

Menurut keterangan Kabid Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Curup, Nanang Jayadi di Rejang Lebong, Rabu, saat ini lima kecamatan di Rejang Lebong sudah bisa melayani warga dari masing-masing kecamatan untuk mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan.

"Untuk tahap awal ini pendaftaran peserta BPJS Kesehatan melalui kantor camat baru di buka di lima kecamatan, sedangkan untuk selanjutnya akan dilaksanakan di 10 kecamatan lainnya," kata Nanang.

Adapun lima kecamatan yang sudah melayani pendaftaran peserta BPJS Kesehatan ini tambah dia, antara lain Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kecamatan Binduriang, Selupu Rejang, Sindang Kelingi dan Kecamatan Curup Timur.

Pendaftaran melalui kantor camat ini kata dia, ialah dengan menggunakan sistem drop box, dimana calon peserta tidak harus datang ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Curup tetapi cukup mendaftarkan diri melalui drop box di lima kecamatan tersebut.

Dalam pendaftaran ini calon peserta JKN-KIS bisa mengisi formulir yang sudah disediakan dikantor camat, dilengkapi dengan persyaratan pendaftaran BPJS Kesehatan kemudian berbagai persyaratan ini dimasukkan dalam drop box.

Berkas pendaftaran ini nantinya akan diambil petugas BPJS Kesehatan dan mengentry data calon peserta ke sistem yang dimiliki BPJS Kesehatan. Jika semua persyaratan sudah lengkap maka pihaknya akan memberikan konfirmasi kepada calon peserta terkait nomor virtual account dan pembayaran pertama BPJS Kesehatan.

Untuk pembayaran iuran ini kata dia, baru bisa dilakukan calon peserta setelah 14 hari menerima pesan singkat melalui SMS yang berisikan konfirmasi dari BPJS Kesehatan Cabang Curup. Jika sudah membayar iuran ini, maka selanjutnya akan diterbitkan kartu JKN-KIS yang dikiri ke alamat masing-masing.

Sementara itu selain membuka layanan di lima kecamatan di Rejang Lebong kata dia, BPJS Kesehatan Cabang Curup juga sudah dibuka layanan drop box di tiga kabupaten lainnya yang masih dibawah naungan daerah itu yakni Kabupaten Lebong empat kecamatan, Bengkulu Utara lima kecamatan dan di Kabupaten Kepahiang yang sudah disiapkan sebanyak empat kecamatan.***4***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017