Mukomuko (Antara) - Kelompok usaha bersama nelayan di Kecamatan Air Rami, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun ini akan menerima bantuan sebanyak 12 unit perahu motor dari Bank Indonesia (BI) perwakilan Bengkulu.

"Bantuan sebanyak 12 unit perahu motor untuk nelayan tersebut merupakan bagian dari tanggung jawab sosial BI kepada nelayan di daerah ini," kata Kabid Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mukomuko, Rahmad Hidayat, di Mukomuko, Kamis.

Ia mengatakan, pihak BI berencana menyerahkan bantuan sebanyak 12 unit perahu motor kepada kelompok usaha bersama nelayan di kecamatan tersebut pada tanggal 27 Oktober 2017.

Ia mengatakan, saat ini bantuan sebanyak 12 unit perahu motor tersebut khusus untuk nelayan di Kecamatan Air Rami. Belum ada bantuan perahu motor untuk nelayan di kecamatan lain.

Ia berharap, bantuan perahu motor untuk nelayan setempat tidak hanya sebatas untuk nelayan di Kecamatan Air Rami. Termasuk untuk nelayan di kecamatan.

"Kami anggap bantuan belasan perahu motor untuk nelayan Kecamatan Air Rami tersebut merupakan proyek percontohan," ujarnya.

Ia menilai, bantuan perahu motor untuk nelayan dari BI ini guna mendukung program pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam melarang nelayan menggunakan pukat "trawl" yang merusak lingkungan.

Menurutnya, pemerintah pusat justru merekomendasikan perahu motor tempel 15 PK untuk nelayan menangkap ikan di perairan laut di daerah tersebut.***1***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017