Bengkulu (Antara) - PT PLN Wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu (WS2JB) mengoperasikan mesin pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) berkapasitas 2x500 kilowatt (KW) di Desa Malakoni, Kecamatan Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu.

"Penambahan dua mesin baru ini akan menambah ketangguhan pasokan daya listrik untuk pulau terluar Enggano," kata General Manajer PT PLN Wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu (WS2JB) Daryono di Bengkulu, Selasa.

Daryono mengatakan peresmian PLTD baru yang digelar pada Senin (23/10) itu diharapkan mampu mendukung pertumbuhan ekonomi dari sektor pariwisata dan kekayaan sumber daya kelautan pulau tersebut.

Selain meresmikan operasional dua mesin baru, PT PLN juga sudah membangun gedung sentral PLTD Sub-Rayon Pulau Enggano.

Manajer PT PLN Cabang Bengkulu, Nova Sagita mengatakan sebelumnya tersedia satu mesin PLTD yang menghasilkan daya sebesar 275 kW. Daya tersebut baru didistribusikan bagi 167 pelanggan dengan beban puncak 28 kW.

Dengan penambahan dua mesin baru, maka kapasitas daya terpasang di Pulau Enggano saat ini mencapai 1.270 kW.

Sementara potensi total pelanggan yang terdata sebanyak 867 pelanggan dengan estimasi kebutuhan daya hanya 650 kW.

"Maka cadangan daya yang masih tersedia sebesar 625 kW yang diharapkan dapat memicu pertumbuhan perekonomian industri skala kecil atau pembangunan penginapan kecil di Enggano," katanya.

Pulau Enggano merupakan pulau terluar yang masuk dalam administrasi wilayah Provinsi Bengkulu. Pulau berpenghuni lebih dari 3.000 jiwa ini berada di tengah Samudera Hindia berjarak 106 mil laut dari Kota Bengkulu. 

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Riski Maruto


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017