Mukomuko (Antara) - Harga jual tandan buah segar kelapa sawit di pabrik di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, saat ini mulai berangsur naik dibandingkan sebelumnya.

"Harga sawit naik sebesar Rp30 per kilogram di pabrik PT Sapta Sentosa Jaya Abadi (SSJA) di Kecamatan Lubuk Pinang," kata Kasi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Sudianto di Mukomuko, Rabu.

Sebanyak 10 pabrik pengolahan minyak mentah kelapa sawit atau CPO di daerah tersebut, namun baru satu pabrik di antaranya membeli sawit petani dengan harga lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.

Sedangkan, lanjutnya, harga sawit di sembilan pabrik di daerah itu sejak sebulan terakhir bertahan dengan harga harga tinggi.

Dikatakan, meskipun pabrik PT SSJA saat ini membeli sawit petani setempat dengan harga lebih tinggi dibandingkan sebelumnya, namun harga sawit di pabrik itu lebih rendah dibandingkan dengan sembilan pabrik lain.

Ia berharap, harga sawit di pabrik PT SSJA sama dengan harga dengan pabrik lain di daerah itu.

Pabrik PT Bumi Mentari Karya (BMK) membeli sawit petani dengan harga paling tinggi, yakni sebesar Rp1.550 per kg, pabrik PT KSM sebesar Rp1.530 per kg, PT MMIL sebesar Rp1.530 per kg, PT KAS sebesar Rp1.530 per kg.

Kemudian, harga sawit di pabrik PT DDP Kecamatan Ipuh dan PT DDP Desa Lubuk Bento sebesar Rp1.500 per kg, PT AMK sebesar Rp1.530 per kg, PT SAP sebesar Rp1.530 per kg. ***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017