Padang (ANTARA Bengkulu) - Sebanyak 52 perusahaan di Kota Padang, Sumatera Barat membuka lowongan dalam bursa tenaga kerja yang diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Padang.

"Bursa tenaga kerja dilaksanakan selama tiga hari, diikuti sebanyak 54 perusahaan yang ada di Kota Padang," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Padang, Hariadi Dahlan, di Padang, Senin.

Menurutnya, perusahaan yang mengikuti bursa tenaga kerja lebih banyak bila dibandingkan tahun 2011, dimana tahun lalu hanya diikuti sebanyak 40 perusahaan saja.

"Perusahan yang mengikuti bursa tenaga kerja diantaranya perhotelan, manufacturing ritail, serta konveksi,"katanya.

Job fair yang digelar hari ini lanjut Hariadi Dahlan bertujuan mempertemukan para pencari kerja dan pengguna tenaga kerja.

"Bursa kerja ini dimaksudkan memberikan pelayanan langsung  dan terbuka pada waktu tertentu dan dalam suatu tempat,"kata Hariadi Dahlan.

Pelaksaaan bursa kerja ini tak berbeda dengan Job Fair sebelumnya, para pencari kerja cukup datang membawa persyaratan tanpa dipungut biaya.

"Persyaratan tersebut meliputi surat lamaran kerja, beserta kelengkapan identitas seperti fotocopy kelengkapan ijazah, foto dan beberapa surat keterangan pernah bekerja atau keterampilan lain," tambahnya.

Dia mengatakan, Dinas Tenaga kerja dan Sosial Kota Padang menargetkan 2000 lowongan perkerjaan yang disediakan oleh perusahaan.

"Pemerintah berupaya untuk mengatasi pengangguran, mudahan 2.000 lowongan pekeraan dapat terpenuhi," katanya.

Menurutnya, peluan kerja diperusahaan sekarang ini tidak sebanding dengan jumlah pencari kerja dengan laju peningkatan pencari kerja.

"Disamping itu, pencari kerja juga kurang mendapatkan informasi lowongan pekerjaan dari perusahaan,"katanya.

Berdasarkan data Dinsosnaker Padang, tambah Hariadi Dahlan sekarang ini tercatat sekitar 6.000 lebih pencari kerja di Kota Padang dari berbagai jenjang pendidikan. "Namun lebih banyak mencari pekerjaan dari jenjang pendidikan SMA,"kata Hariadi Dahlan. (ANT)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012