Bengkulu (Antara) - Ketua Komisi X DPR RI Djoko Udjianto menyampaikan dukungan anggota legislatif terhadap pengembangan pariwisata di Provinsi Bengkulu dengan menyetujui alokasi anggaran Rp11 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) anggaran 2018.

"Kami mendukung penuh rencana pengembangan pariwisata Bengkulu dengan potensinya yang cukup besar," kata Djoko saat kunjungan kerja di Bengkulu, Senin.

Saat berdialog dengan Pelaksana Tugas Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dan pejabat dinas terkait, Djoko mengatakan pengembangan pariwisata serta turunannya berupa ekonomi kreatif harus sejalan sehingga mampu menopang ekonomi daerah.

Karena itu, dalam dialog yang dihadiri sejumlah anggota Komisi X di ruang rapat Kantor Gubernur Bengkulu, terserap sejumlah aspirasi dari pemerintah daerah untuk mengembangkan pariwisata "Bumi Rafflesia", julukan provinsi ini.

Selain membahas potensi pariwisata, kunjungan kerja anggota Komisi X juga membahas kemajuan pendidikan di Provinsi Bengkulu.

Minat baca yang masih rendah menjadi perhatian anggota legislatif sehingga dukungan terhadap kinerja Perpustakaan Daerah terus ditingkatkan.

"Tahun ini kita ada penambahan fasilitas berupa mobil perpustakaan keliling untuk tiga wilayah kabupaten dan kota," kata Djoko.

Anggota Komisi X DPR RI dari daerah pemilihan Provinsi Bengkulu, Dewi Coryati mengatakan pengadaan tiga unit kendaraan perpustakaan keliling diharapkan dapat meningkatkan minat baca masyarakat di daerah ini.

"Kami juga membahas peningkatan kualitas pendidikan di perguruan tinggi dan sekolah yang ada di Bengkulu," ucapnya.

Pelaksana Tugas Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan pengembangan pariwisata menjadi program prioritas pemerintah daerah, salah satunya mewujudkan tahun kunjungan wisata ke Bengkulu pada 2020 atau "Visit Wonderful Bengkulu 2020".

"Tahun kunjungan wisata ke Bengkulu ini akan dipadukan dengan Visit Wonderful Indonesia dengan iven yang sudah masuk dalam kalender nasional yaitu Festival Tabut," kata Rohidin.

Selain itu, kehadiran anggota legislatif tersebut juga untuk menyerap aspirasi daerah, terutama bidang pendidikan, pariwisata, pemuda dan olahraga. (Adv)

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017