Mukomuko (Antara) - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, membeli sebanyak 100 ribu benih ikan lele untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) setempat dari unit pembenihan rakyat di daerah tersebut.

"Kami membeli ratusan ribu benih ikan lele untuk BUMDes kepada UPR di daerah ini karena benih ikan lele tersebut tersedia di UPR," kata Kabid Budi Daya Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko, Azbas di Mukomuko, Senin.

Pemerintah daerah setempat tahun ini mengalokasikan dana sekitar Rp75 juta dalam APBD perubahan untuk membeli sebanyak 100 ribu benih ikan lele dan 58 terpal untuk BUMDes yang ingin mengembangkan usaha budi daya ikan lele.

Ia mengatakan, instansinya membeli benih ikan lele kepada UPR setempat guna mendukung UPR yang ada di daerah itu dalam mengembangkan usahanya.

"Kita punya beberapa UPR yang aktif dalam membudidayakan ikan lele," ujarnya.

Ia menyatakan, pemerintah daerah setempat mengalokasikan anggaran untuk pengadaan sarana budi daya perikanan untuk BUMDes yang menggunakan sebagian dana desa untuk mengembangkan budi daya ikan lele.

BUMDes ini, katanya, mengalokasikan dana desa sebesar Rp50 juta yang bersumber dari APBDes untuk membangun kolam ikan lele dan pembelian pakan ikan lele tersebut.

"Kami membeli benih ikan lele dan terpalnya, Sedangkan desa yang menyediakan kolam dan pakan ikan," ujarnya.

Ia berharap, BUMDes ini dapat memanfaatkan bantuan dari pemerintah daerah setempat untuk membudidayakan perikanan darat.

Ia menargetkan, BUMDes ini tidak hanya membudidayakan ikan lele, tetapi juga mengembangkannya agar BUMDes inibisa menjadi unit pembibitan rakyat (UPR).***1***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017