Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Sejumlah biro perjalanan wisata Kota Bengkulu mulai menggarap potensi wisata bahari Pulau Tikus untuk menambah objek tujuan wisata alam di daerah itu.

"Kami masih merintis karena Pulau Tikus punya potensi wisata bahari yang sangat bagus untuk dikembangkan, apalagi jaraknya hanya 10 kilometer dari daratan Bengkulu," kata Thomas Orari, staf sebuah biro perjalanan wisata PT Surya Pesona Jaya, di Bengkulu, Rabu.

Ia mengatakan promosi yang masih minim membuat Pulau Tikus belum dikenal luas sebagai salah satu objek wisata yang menarik dikunjungi.

Padahal, pulau dengan luas sekitar 2 hektare itu dapat dilihat secara langsung dari objek wisata andalan Provinsi Bengkulu, yakni Pantai Panjang.

"Pulau Tikus yang berada sekitar 10 kilometer dari daratan Kota Bengkulu dapat dijangkau dengan kapal motor dalam waktu 40 menit hingga 1 jam," katanya.

Selain minimnya promosi, persepsi negatif tentang Pulau Tikus juga membuat pulau kecil yang ditopang batu karang itu minim peminat.

Persepsi negatif seperti banyaknya ular laut dan lain sebagainya membuat warga Bengkulu sendiri enggan mendatangi pulau itu.

"Padahal itu tidak benar. Pulau Tikus aman dikunjungi, bahkan pantainya sangat indah," tambahnya.

Untuk menarik minat wisatawan ke pulau itu, Thomas mengatakan biro perjalanannya memberikan sejumlah fasilitas promo seperti dokumentasi bawah air, peralatan snorkling dan lainnya.

"Harga promosi kami siapkan Rp150 ribu per orang, termasuk transport, pemandu, makan dan minum, foto bawah air, peralatan snorkling," katanya menjelaskan.

Saat ini kata dia, jumlah pengunjung masih minim antara 10 hingga 20 orang setiap pekannya.

Ia mengatakan pengembangan wisata bahari Pulau Tikus masih dapat ditingkatkan seperti wisata mancing, menyelam, hingga outbond.

Sementara Direktur PT Alesha Wisata Krishna Gamawan mengatakan Pulau Tikus memiliki potensi wisata bahari yang luar biasa.

"Pulau itu kecil tapi pemandangannya sangat indah, untuk merasakan wisata bahari, Pulau Tikus sangat tepat," katanya.

Menurutnya, jarak Pulau Tikus dengan Kota Bengkulu yang cukup dekat memberi keuntungan tersendiri bagi penyedia jasa wisata ke pulau itu.

Bagi Alesha Wisata, kata dia, Pulau Tikus akan dimasukkan dalam paket perjalanan wisata sebagai salah satu dari "the seven wonders of Bengkulu".  (ANT)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012