Mukomuko (Antara) - Bupati Mukomuko Provinsi Bengkulu Choirul Huda menyerahkan sertifikat akreditasi tingkat dasar untuk dua puskesmas perawatan dan rawat jalan di daerah itu.

"Kami minta puskesmas yang sudah dan belum mendapatkan akreditasi di daerah ini agar meningkatkan pelayanan kesehatan kepada warga setempat," kata Bupati Mukomuko Choirul Huda saat acara puncak Pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Dinas Kesehatan Mukomuko, Jumat.      

Ia menyarankan agar puskesmas dan rumah sakit di daerah itu tidak menolak pasien yang tergolong ekonomi miskin yang membutuhkan pengobatan.

"Berikan pelayanan yang sama terhadap semua pasien yang ada puskesmas," ujarnya.

Selain itu, ia berharap pihak puskesmas peduli terhadap lingkungannya dan kesehatan masyarakat di wilayahnya.

Puskesmas di daerah itu, menurutnya, berperan dalam mendorong masyarakat di wilayahnya untuk membiasakan hidup sehat.

Kabid Bimbingan Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Heri Junaidi mengatakan sebanyak tiga puskesmas di daerah itu yang lulus akreditasi, tetapi baru dua puskesmas yang telah mendapatkan sertifikat akreditasi.

"Dua puskesmas di Kecamatan Penarik dan Air Dikit lulus akreditasi pada tahun 2016. Pada tahun ini mereka mendapatkan sertifikat akreditasi," ujarnya.

Ia menambahkan masih ada puskesmas di Kecamatan Air Manjuto yang lulus akreditasi tingkat madya, tetapi belum mendapatkan sertifikat akreditasi dari Kementerian Kesehatan. (Adv)

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017