Mukomuko (Antara) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan membangun dua ruangan isolasi khusus untuk pasien penyakit menular Tuberculosis (TBC) dan hepatitis untuk mengantisipasi penyakit tersebut menular kepada pasien lain.

"Rencananya pembangunan dua ruangan isolasi untuk pasien penyakit menular pada tahun 2018," kata Direktur RSUD Kabupaten Mukomuko Dr Tugur Anjastiko di Mukomuko, Minggu.

RSUD setempat sejak tahun 2012 sampai sekarang belum memiliki ruangan isolasi khusus untuk pasien TBC dan hepatitis.

Ia menyatakan, meskipun RSUD setempat belum memiliki ruangan khusus untuk pasien penyakit menular ini, namun pelayanan kesehatan bagi pasien ini tetap berjalan.

Karena ruangan untuk pasien penyakit ini tidak boleh bercampur dengan pasien lain, katanya, RSUD mengosongan dua ruangan mawar untuk pasien penyakit TBC dan hepatitis.

Ia mengatakan, rencana pembangunan ruangan isolasi khusus untuk pasien TBC dan hepatitis pada tahun 2018 serentak dengan pembangunan kamar mayat.

Anggaran untuk pembangunan kamar mayat dan ruangan rawat inap isolasi di RSUD setempat sebesar Rp8,7 miliar yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) tahun 2018.

Untuk sementara ini, ia mengatakan, RSUD memanfaatkan ruangan yang ada untuk ruangan isolasi khusus pasien penyakit menular tersebut.***4***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017