Bengkulu (Antara) - Kapal perang RI Banda Aceh yang membawa peserta Pelayaran Lingkar Nusantara VII dan Bakti Bela Negara Sail Sabang 2017 singgah dan bersandar di Pelabuhan Pulau Baai, Kota Bengkulu.

"Kapal bersandar dan seluruh peserta diberi kesempatan mengenal wilayah Bengkulu," kata Komandan KRI Banda Aceh-593 Letkol Laut (P) Whisnu Kusardianto di Bengkulu, Rabu.

Kedatangan peserta disambut Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Bengkulu Ari Narsyah beserta Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) Agus Izudin.

Sebanyak 774 peserta yang terdiri dari anggota pramuka dari seluruh provinsi di Indonesia dan peserta program bela negara, termasuk kru kapal.

Whisnu mengatakan tujuan pelayaran Lingkar Nusantara ini adalah meningkatkan kecintaan pemuda terhadap Tanah Air Indonesia.

Mereka juga dikenalkan dengan wirausaha dan industri kemaritiman serta meningkatkan persatuan dan kesatuan para pemuda dari seluruh wilayah Nusantara dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Ari Narsyah di hadapan peserta mengatakan bahwa Sail Sabang merupakan salah satu media promosi kekayaan alam bahari yang ada di Provinsi Bengkulu khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Bengkulu, kata Ari, juga mencanangkan tahun kunjungan wisata pada 2020 atau "Visit 2020 Wonderful Bengkulu" dengan menggelar Sail Enggano.

"Harapan kami kegatan ini dapat bermanfaat untuk ajang promosi sekaligus membangun Provinsi Bengkulu dan juga tentunya dapat mempererat persatuan dan kesatuan NKRI," kata dia.***1***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017