Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Pejabat Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan tahun 2018 seluas sepuluh hektare lahan pertanian milik petani setempat yang mendapatkan bantuan bibit bawang merah dari pemerintah pusat.

"Luas lahan pertanian yang mendapatkan bantuan bibit bawang merah tahun 2018 sama dengan tahun ini seluas sepuluh hektare," kata Kabid Tanaman Pangan dan Holtukultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Hari Mustaman di Mukomuko, Selasa.

Petani di daerah itu tahun 2018 kembali mendapatkan bantuan bibit bawang merah dari pemerintah pusat karena daerah itu menjadi sasaran pengembangan tanaman bawang merah di Bengkulu.

Ia menyatakan, instansinya akan mendata calon penerima dan calon lokasi (CPCL) lahan untuk pengembangan tanaman bawang merah di daerah itu.

Selain itu, ia menyatakan, instansinya akan menyeleksi kelompok tani setempat yang menjadi CPCL lahan untuk pengembangan tanaman bawang merah pada tahun 2018.

Ia mengatakan, pemerintah mengembangkan budidaya tanaman bawang merah di lahan seluas 10 hektare karena mayoritas bawang merah yang dijual di Mukomuko berasal dari luar daerah.

Bawang merah merupakan komoditas yang paling dicari oleh masyarakat di daerah itu selain cabai merah.

Ia menyatakan, pemerintah memberikan bantuan bibit bawang merah untuk meningkatkan penghasilan petani setempat dan menstabilkan harga bawang merah di daerah itu. ***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017