Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu dalam waktu dekat akan menyeleksi calon penerima dan calon lokasi (CPCL) lahan persawahan milik kelompok tani setempat yang menerima bantuan benih padi unggul dari pemerintah daerah.

"Kami seleksi dulu untuk menentukan CPCL lahan persawahan yang menerima bantuan ini, kemudian pengadaan benih padi," kata Kabid Tanaman Pangan dan Holtukultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Wahyu Hidayat di Mukomuko, Minggu.

Dinas Pertanian setempat tahun ini mendapat alokasi dana untuk membeli berbagai jenis benih padi unggul untuk kelompok tani di daerah itu sebesar Rp2,5 juta.

Ia mengatakan, instansinya menyeleksi CPCL lahan persawahan milik kelompok tani yang menerima bantuan benih padi unggul dari pemerintah agar tidak ada kelompok tani di daerah itu yang mendapat bantuan sebanyak dua kali.

"Kita prioritaskan penerima bantuan benih padi unggul ini kelompok tani yang belum pernah menerima bantuan benih padi tahun sebelumnya," ujarnya.

Karena bantuan benih padi unggul tidak hanya berasal dari pemerintah daerah setempat, ada juga bantuan benih padi unggul untuk lahan perkebunan kelapa sawit yang dicetak menjadi sawah baru dari pemerintah pusat.

Untuk itu, ia mengatakan, instansinya perlu teliti dalam menilai kelompok tani yang menerima bantuan benih padi unggul dari pemerintah daerah setempat.

Ia menyatakan, instansinya akan membeli berbagai jenis padi unggul yang sesuai ditanam di lahan persawahan milik kelompok tani di daerah itu seperti ciherang, mikongga dan inpari.

Karena pengalaman selama ini, katanya, kelompok tani di berbagai wilayah di daerah itu menanam jenis benih padi yang berbeda-beda. Untuk itu perlu disiapkan hgan jenis benih padi.***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018