Bengkulu (Antaranews Bengkulu) - Tim Seleksi Komisi Pemilihan Umum segera membuka pendaftaran rekrutmen calon komisioner Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bengkulu masa jabatan 2018-2023.

Ketua Timsel KPU Provinsi Bengkulu, Yulfperius di Bengkulu, Selasa, menyebutkan, rekrutmen ini akan diumumkan melalui media massa lokal pada 7-9 Februari 2018.

Kemudian pada 12--21 Februari 2018, lanjut dia, timsel baru akan memulai tahapan penerimaan tahapan pendaftaran administrasi sesuai dengan jadwal yang ditetapkan KPU RI.

"Bagi komisioner petahana, mereka akan masuk dalam tim pengarah pada perekrutan ini, tapi kalau mereka masih ingin mencalonkan diri kembali maka mereka harus melepas jabatan sebagai tim pengarah," kata dia.

Menurut dia, bagi masyarakat setempat yang ingin mencalonkan diri, maka harus memenuhi persyaratan umum seperti, sehat jasmani dan rohani, WNI, minimal pendidikan sarjana, sudah berusia setidaknya 35 tahun, serta beberapa persyaratan administrasi lainnya.

"Setelah tahap pendataran nanti akan kita proses seperti, penelitian administrasi, calon yang lolos akan lanjut ke tahap tes tertulis, psikologi dan wawancara," ucapnya yang juga menjabat Rektor Universitas Hazairin Bengkulu itu.

Nantinya, lanjut Yulfi, timsel akan mengirimkan hasil perekrutan ke KPU RI sebanyak 10 nama yang memiliki kapasitas untuk menjadi komisioner.

"Aturannya begitu, dua kali lipat dari jumlah kuota komisioner, nanti KPU RI yang menentukan. Kalau ada yang tertarik silahkan mendaftar ke sekretariat timsel," ujarnya.***2***

Pewarta: Boyke ledy watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018