Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menguji kemampuan 90 peserta calon Panitia Pemilihan Kecamatan untuk 15 kecamatan di daerah itu.

"Mereka yang mengikuti tes wawancara ini diuji dengan pertanyaan terkait dengan rekam jejak, integritas, pengetahuan kepemiluan, penguasaan wilayah dan resolusi konflik," kata ketua KPU Rejang Lebong, Halid Saifullah disela-sela tes wawancara di sekretariat KPU Rejang Lebong, Senin.

Kalangan peserta calon Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) untuk 15 kecamatan di Rejang Lebong tersebut tambah dia, sebelumnya dinyatakan lulus seleksi tertulis dan selama tiga hari kedepan terhitung 12-14 Februari akan mengikuti tes wawancara dengan tim penguji dari komisioner KPU Rejang Lebong.

Pada pelaksanaan tes wawancara ini calon peserta yang diuji ini, harus bisa menjelaskan materi pertanyaan yang disajikan oleh lima komisioner KPU setempat sehingga nantinya akan diketahui kemampuan masing-masing calon peserta PPK ini sebelum ditetapkan sebagai PPK terpilih.

Sementara itu, pelaksanaan tes wawancara yang dilaksanakan KPU Rejang Lebong itu akan diikuti oleh 90 peserta yang sebelumnya dinyatakan lulus tes tertulis dan masuk enam besar di setiap kecamatan. 

Baca juga: KPU Rejang Lebong: Pelaksanaan seleksi PPK bersih

"Peserta yang mengikuti tes wawancara ini hanya enam besar dari setiap kecamatan, nantinya mereka ini akan dipilih tiga orang yang mendapatkan nilai tertinggi untuk menjadi PPK masing-masing kecamatan," ujarnya.

Pada pelaksanaan tes wawancara ini pihaknya membaginya menjadi tiga kelompok, antara lain, kelompok yang melaksanakan ujian hari pertama sebanyak lima kecamatan yang meliputi Kecamatan Binduriang, Kota Padang, Sindang Kelingi, Curup dan Curup Selatan.

Kemudian hari kedua tes wawancara ini akan dilakukan terhadap calon peserta PPK dari Kecamatan Padang Ulak Tanding, Sindang Beliti Ulu, Selupu Rejang, Curup Timur dan Curup Tengah. Sedangkan hari terakhir untuk Kecamatan Sindang Beliti Ilir, Sindang Dataran, Curup Utara, Bermani Ulu dan Bermani Ulu Raya.

"Dalam pelaksanaan perekrutan PPK ini KPU Rejang Lebong menjamin bahwa tidak ada campur tangan pihak manapun atau pelaksanaannya benar-benar bersih. Selain itu pelaksanaan seleksinya juga diawasi pihak kepolisian dan Panwaslu, serta hasilnya penilaiannya diberikan secara transparan dan langsung," kata Halid Saifullah. ***2***

Baca juga: Seleksi PPK Rejang Lebong diikuti 396 perserta

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018