Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, telah menerima transfer dana desa tahap pertama sebesar 20 persen dari pemerintah pusat.

"Kita telah menerima transfer dana desa tahap pertama sebesar 20 persen dari rekening kas umum negara ke rekening kas umum daerah setempat," kata Kabid Pemerintah Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Eka Purwanto di Mukomuko, Kamis.

Ia menyatakan, Kabupaten Mukomuko merupakan salah satu dari enam kabupaten di Bengkulu yang telah menerima transfer dana desa dari pemerintah pusat.

Enam kabupaten itu, yakni Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Lebong, Kabupaten Kepahing, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kabupaten Seluma.

Sedangkan tiga kabupaten, yakni Kabupaten Rejanglebong, Kabupaten Bengkulu Utara dan Kabupaten Kaur belum menerima transfer dana desa tahap pertama dari pemerintah pusat.

Ia menyatakan, instansinya saat ini masih menunggu desa menyampaikan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) tahun ini. Kemudian instansinya akan mengevaluasi APBDes.

Instansinya sampai sekarang belum menerima usulan APBDes tahun ini dari sebanyak 148 desa di daerah itu. Seluruh desa sedang memproses APBDes.

"Kami minta desa segera menyampaikan APBDes tahun ini ke instansi ini," ujarnya.

Sebanyak 148 desa yang tersebar di 15 kecamatan di daerah itu yang akan menerima dana desa dan alokasi dana desa yang bersumber dari APBN dan APBD.

Dana bantuan untuk 148 desa yang bersumber dari APBN tahun ini sekitar Rp106 miliar atau berkurang sekitar 7,2 persen dibandingkan dengan dana desa pada tahun sebelumnya.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018