Bengkulu (Antaranews Bengkulu) - Komisi Pemilihan Umum Kota Bengkulu pada kesempatan pelantikan PPK dan PPS Pemilu Presiden dan Legislatif 2019 menekankan agar petugas yang dilantik haruslah mengutamakan kepentingan bangsa.

"Kita masukkan pada sumpah dan janji, kita tidak mau kepentingan pribadi dan golongan atau yang merusak netralitas menjadi tujuan mereka mengambil tugas ini," kata Komisioner KPU Kota Bengkulu Sri Hartati di Bengkulu, Jumat.

Sri mengingatkan, bahwa semangat memperjuangkan penyelenggaraan Pemilihan presiden dan Legislatif 2019 dalam balutan sikap independen, netralitas, dan berintegritas akan menjadi landasan berdemokrasi yang sehat.

KPU Kota Bengkulu melantik sebanyak 201 orang tenaga PPS dan 27 orang PPK yang akan bertugas di sembilan kecamatan.

Sri meyakini PPS dan PPK yang telah dilantik ini merupakan orang terpilih dan memiliki kapasitas yang mampu merealisasikan pemilu damai serta berkualitas.

"Kita berharap bahwa nantinya, saat pilpres dan pileg, kita menjadi salah satu daerah terbaik dalam hal penyelenggaraan pemilu," kata dia.

Ada tiga tahapan penting kata dia yang harus dilakukan penyelenggara guna menyukseskan pemilu, yang pertama adalah memastikan daftar pemilih yang berkualitas dan mengakomodasi seluruh pemilih di daerah itu.

Tahapan penting selanjutnya yakni membangun ketertarikan pemilih agar mau menggunakan hak pilihnya yakni dengan sosialisasi efisien, efektif dan kreatif.

Tahapan ketiga kata dia, memastikan penyelenggaraan sampai penetapan pemenang terpilih berjalan minim pelanggaran, kecurangan dan tindakan lain yang merusak kualitas pemilu.

Pewarta: Boyke ledy watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018