Bengkulu (Antaranews Bengkulu) - Bank Indonesia menyebut Provinsi Bengkulu mulai menjadi salah satu daerah potensial untuk berinvestasi jika melihat beberapa faktor pendukung.

"Setidaknya ada empat faktor penting yang membuat Bengkulu cukup layak dilirik," kata Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Bengkulu Endang Kurnia Saputra di Bengkulu, Sabtu.

Faktor paling utama, kata dia, Provinsi Bengkulu menjadi salah satu daerah paling damai, jauh dari konflik, gesekan maupun kekacauan stabilitas keamanan daerah.

Hal selanjutnya yang perlu diperhitungkan, Bengkulu merupakan daerah yang baru saja berkembang, artinya masih banyak peluang bisnis atau kekayaan daerah yang belum tereksplorasi.

"Tak kalah penting adalah sisi transportasi, yang paling berpengaruh untuk sisi distribusi adalah transportasi laut dan udara," kata dia.

Dari akhir 2017 lalu, penerbangan komersial sudah membuka beberapa daerah tujuan baru dari dan ke Bengkulu yang membuat akses masyarakat serta investor semakin mudah ke Bengkulu.

Untuk distribusi barang, mulai akhir 2018 nanti akan cukup menjanjikan karena pembangunan dan perluasan Pelabuhan Pulau Baai, bahkan ditergetkan pelabuhan Bengkulu ini akan menjadi kawasan ekonomi khusus.

Faktor ke empat, lanjut Endang, Bengkulu juga mulai membenahi infrastruktur daerahnya, seperti infrastruktur jalan, penambahan kapasitas listrik serta destinasi wisata.

"Dan hal yang paling penting, yakni bagaimana pemerintah daerah dan masyarakat menjaga arah yang sudah positif ini, tugas lainnya agar lebih masif mempromosikan daerah," ujar dia.

Pewarta: Boyke ledy watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018