Bengkulu (Antaranews Bengkulu) - Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Nopian Andusti mengapresiasi pelaksanaan latihan bersama antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Angkatan Laut Amerika Serikat di Bengkulu dalam Kemitraan Pasifik 2018 di Bengkulu sejak dua pekan terakhir.

"Atas nama masyarakat Bengkulu kami mengucapkan terimakasih atas penyelenggaraan Kemitraan Pasifik di Bengkulu," kata Nopian di Bengkulu, Rabu.

Saat menutup kegiatan Kemitraan Pasifik 2018, Nopian mengatakan kegiatan selama dua pekan itu dapat berjalan lancar karena dukungan dari seluruh kelompok masyarakat.

Karena itu, ia mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan merawat seluruh fasilitas yang dibangun bersama para TNI dan Angkatan Laut Amerika Serikat.

"Kami menghaturkan maaf bila dalam penyambutan selama acara di Bengkulu ada yang kurang berkenan," ucap Nopian.

Sementara Mission Comander Angkatan Laut Amerika Serikat, Captain Bretz mengatakan selama dua pekan berkegiatan di Bengkulu, mereka melakukan latihan kebencanaan dan sejumlah seminar tentang kesehatan.

Selain itu ada pula kegiatan bisa manajemen penanggulangan bencana, pembangunan konstruksi di masa bencana seperti seminar konstruksi tahan bencana, pembangunan ruang serba guna di Kelurahan Tengah Padang.

Berikutnya, pembangunan dua ruang kelas sekolah dasar negeri di Kelurahan Teluk Sepang, peletakan batu bertama di Padang Serai, Bengkulu Tengah.

Ada pula pelayanan kesehatan umum di Puskesmas Lempuing dan Puskesmas Sukamerindu, pembagian kaca mata baca sebanyak 1000 buah dan kursi roda sebanyak 15 buah.

"Kami berharap semua materi latihan bersama ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Bengkulu dalam meningkatkan pemahaman dan kesiapsiagaan daerah dalam menghadapi bencana," katanya.

Kemitraan Pasifik 2018 yang digelar di Bengkulu dimulai pada 29 Maret 2018 dan berakhir pada 12 April 2018.

Kegiatan tersebut juga menghadirkan kapal rumah sakit milik Amerika Serikat, USNS Mercy, yang mampu menampung seribu pasien.(Adv)

Pewarta: Helti Marini S

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018