Bengkulu (Antaranews Bengkulu) - Pelaksana tugas Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan bahwa penambahan sejumlah pembangkit listrik yang sedang dalam tahap konstruksi akan membuat Provinsi Bengkulu kelebihan pasokan daya hingga 400 megawatt.

"Bengkulu sudah mengalami kelebihan daya. Apalagi dengan operasi sejumlah pembangkit yang sedang dalam konstruksi akan ada "over supply" mencapai 400 MW," kata Rohidin di Bengkulu, Selasa.

Saat meresmikan Gardu Induk 150 KV kapasitas 2x60 MVA Pulau Baai dan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 KV Curup-Pulau Baai, Rohidin mengatakan dua pembangkit yang segera menghasilkan daya adalah PLTU batu bara Pulau Baai 2 x100 MW dan pembangkit geothermal Lebong 2 x 55 MW.

Ia menambahkan, potensi listrik yang besar tersebut harus mampu memacu pertumbuhan investasi di daerah ini, sebab ketersediaan sumber energi menjadi salah satu prasyarat investasi.

Keandalan pasokan tersebut juga menjamin seluruh desa-desa di wilayah Provinsi Bengkulu sekitar 1.400 desa ditargetkan teraliri listrik pada tahun ini.

"Saat peringatan HUT ke-50 Provinsi Bengkulu pada November nanti, seluruh desa diharapkan sudah terang," ucapnya.

Pewarta: Helti Marini S

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018