Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Pasar kawasan perdesaan yang dibangun Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi di Desa Sumber Makmur, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, segera difungsikan pada tahun ini.

"Pasar kawasan perdesaan akan difungsikan tahun ini. Kini pasar itu telah dilengkapi berbagai fasilitas oleh desa setempat," kata Kabid Pemerintah Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Eka Purwanto, di Mukomuko, Kamis.

Kemendes PDTT tahun 2017 telah selesai membangun bangunan pasar kawasan perdesaan sebagai pusat perbelanjaan masyarakat di Desa Sumber Mulya.

Pasar kawasan perdesaan yang dibangun oleh Kemendesa PDTT tersebut belum difungsikan pada tahun lalu karena belum adanya fasilitas penunjang seperti air bersih dan listrik.

Kini berbagai fasilitas penunjang pasar kawasan perdesaan tersebut telah dibangun oleh pemerintah desa setempat.

"Desa setempat menggunakan dana desa dan alokasi dana desa untuk membangun sejumlah los terbuka di pasar kawasan perdesaan tersebut," ujarnya.

Pemerintah desa setempat tahun ini rencananya mendapat Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas). Program itu diarahkan di lokasi pasar kawasan perdesaan.

Program tersebut tidak hanya menyediakan sarana air bersih, termasuk penyediaan jaringan listrik yang bersumber dari Perusahaan Listrik Negara.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018