Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Tim perumus harga tandan buah segar kelapa sawit Dinas Tanaman Pangan, Holtukultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu telah menetapkan harga jual komoditi perkebunan tersebut di tingkat pabrik pengolahan minyak mentah kelapa sawit atau CPO di daerah itu rata-rata sebesar Rp1.328 per kilogram.

"Harga tandan buah segar kelapa sawit di tingkat pabrik yang ditetapkan oleh tim saat ini lebih rendah dibandingkan harga buah sawit yang ditetapkan sebelumnya sebesar Rp1.340 per kilogram," kata Kasi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Sudianto di Mukomuko, Senin.

Ia mengatakan hal itu berdasarkan hasil rapat tim perumus harga tandan buah segar kelapa sawit Dinas Tanaman Pangan, Holtukultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu sekitar empat hari yang lalu.

Tim perumus harga tandan buah segar kelapa sawit Dinas Tanaman Pangan, Holtukultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu terdiri dari bidang perkebunan Dinas Pertanian kabupaten/kota di provinsi setempat, kemudian perwakilan pabrik pengolahan minyak mentah kelapa sawit atau CPO.

Ia menyatakan, dari harga penetapan sebesar Rp1.328 per kilogram itu, pabrik CPO di daerah itu diberikan toleransi sebesar lima persen untuk membeli sawit milik petani setempat.

Selanjutnya, ia minta, seluruh pabrik CPO di daerah itu mengikuti harga penetapan tim perumus harga komoditi perkebunan tersebut.

Ia menyatakan, mayoritas pabrik pengolahan minyak mentah kelapa sawit atau CPO di Kabupaten Mukomuko saat ini membeli tandan buah segar kelapa sawit petani setempat dengan harga lebih murah dibandingkan dengan ketentuan tim perumus harga komoditi perkebunan tersebut.

Saat ini pabrik CPO PT. KSM membeli TBS kelapa sawit sebesar Rp1.290 per kg, pabrik CPO PT MMIL sebesar Rp1.290 per kg, PT SAP sebesar Rp1.310 per kg

Lalu harga sawit di PT AMK sebesar Rp1.285 per kg, harga sawit di pabrik PT DDP di Kecamatan Ipuh dan di Desa Lubuk Bento sebesar Rp1.300 per kg.

Kemudian harga sawit di pabrik PT BMK sebesar Rp1.380 per kg, pabrik PT S3 sebesar Rp1.290 per kg dan di PT SSJA sebesar Rp1.230 per kg.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018