Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan mengecek laporan terkait adanya tanaman padi yang diduga diserang hama wereng di Kecamatan XIV Koto.

"Perlu dicek dulu kebenaran laporan tersebut. Kami belum bisa memberikan bantuan berupa insektisida maupun fungisida kalau belum melihat langsung tanaman padi yang diserang hama itu, " kata Kasi Proteksi Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomukomuko, Wal Asri di Mukomuko, Kamis.

Dinas pertanian setempat menerima laporan lisan dari petani setempat terkait adanya tanaman padi milik yang diserang hama wereng di Kecamatan XIV Koto.

Ia menyatakan, saat ini instansinya meminta laporan tertulis terkait luas tanaman padi yang diserang hama wereng kepada kelompok tani di wilayah tersebut.

Selain itu, instansinya juga meminta data luas tanaman padi yang diserang hama wereng kepada penyuluh pertanian lapangan (PPL) di wilayah itu.

"Laporan itu merupakan dasar kami untuk melakukan pengecekan tanaman padi yang diserang hama dan membantu mengatasinya," ujarnya.

Dia menyatakan, tetap mengikuti standar operasional prosedur (SOP) dalam memberikan bantuan untuk mengatasi hama yang menyerang tanaman padi.

Selain itu, pemerintah daerah setempat memberikan bantuan insektisida maupun fungisida pengendali hama padi kepada kelompok tani yang tidak mampu lagi mengatasi hama yang menyerang tanamam padinya.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018