Bengkulu (Antaranews Bengkulu) - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bengkulu nomor urut 3, Helmi Hasan-Dedy Wahyudi mengumpulkan suara terbanyak dalam "real count" yang digelar dua media lokal yakni Bengkulu Ekspress Media Group (BEMG) dan RB Televisi dengan perolehan masing-masing 32 persen dan 32,8 persen.

"Hasil akhir hitung suara Pilkada Kota Bengkulu yang diperoleh tim dari lapangan dimenangkan pasangan calon nomor tiga," kata General Manager Harian Bengkulu Ekspress, Suherdi Marabillie di Bengkulu, Rabu petang.

Ia mengatakan penghitungan suara yang dilakukan 90 orang tim yang turun ke 622 tempat pemungutan suara (TPS) mencatat jumlah suara sah sebanyak 132.901 suara sah dari 230.169 suara dalam daftar pemilih tetap.

Dari jumlah suara sah tersebut, pasangan nomor urut tiga, Helmi Hasan-Dedy Wahyudi yang diusung Partai Amanat Nasional, Gerindra, dan Partai Demokrat unggul meraih 32 persen suara, disusul pasangan nomor urut empat, Patriana Sosialinda-Mirza memperoleh 28 persen.

Sementara pasangan nomor urut satu yang maju lewat jalur perseorangan, David Suardi-Baksir meraih 22 persen dan pasangan nomor urut dua, Erna Saridewi-Ahmad Zarkasi memperoleh 17 persen suara.

Baca juga: Pilkada Bengkulu, Helmi-Dedy unggul sementara

Suherdi mengatakan penghitungan suara tuntas digelar pada pukul 18.00 WIB dengan suara masuk sudah 100 persen dari 622 TPS di sembilan kecamatan.

Dalam penghitungan suara versi Bengkulu Ekspres, pasangan Helmi Hasan-Dedy Wahyudi unggul di Kecamatan Ratu Agung, Teluk Segara, Selebar, dan Kampung Melayu, sedangkan pasangan Patriana Sosialinda-Mirza unggul di Kecamatan Sungai Serut, Gading Cempaka, Muara Bangkahulu, serta sama-sama memperoleh 29 persen di Kecamatan Singaran Pati dengan pasangan David Suardi-Baksir.

"Selain bisa diakses masyarakat lewat daring, seluruh dokumen peroleh suara di setiap TPS akan kami tampilkan dalam edisi cetak koran Bengkulu Ekspress besok," tuturnya.

Sementara penghitungan suara yang dilakukan RB Televisi mencatat jumlah suara masuk dari 622 TPS sebanyak 130.606 suara dengan perolehan tertinggi oleh pasangan Helmi Hasan-Dedy Wahyudi sebanyak 32,8 persen, disusul pasangan Patriana Sosialinda-Mirza 27,8 persen.

Dua pasangan lainnya, David Suardi-Baksir memperoleh suara 22,0 persen dan pasangan Erna Saridewi-Ahmad Zarkasi memperoleh 17,2 persen.

Pewarta: Helti Marini S

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018