Bengkulu (Antaranews Bengkulu) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bengkulu menyebutkan sampai tiga hari menjelang penutupan masa pendaftaran, baru dua partai politik saja yang mendaftarkan bakal calon legislator.

"Ya, tadi ada parpol Golkar menjadi yang pertama, dan selanjutnya Perindo, sisanya pada besok dan hari terakhir," kata Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra di Bengkulu, Minggu.

Padahal menurut, Irwan, tahapan pendaftaran calon legislator ini sebenarnya sudah dibuka sejak 4 Juli 2018, namun parpol pada kenyataannya lebih memilih pada akhir waktu yang dijadwalkan.

"Sampai saat ini, belum ada edaran dari KPU pusat mengenai perpanjangan jadwal, sehingga kami harapkan parpol segera mendaftarkan caleg mereka," kata dia.

Menurut, Irwan, semakin cepat mendaftarkan calon legislator, mestinya parpol punya kesempatan melakukan perbaikan jika ada persyaratan administrasi yang masih kurang.

"Kalau waktu mepet seperti ini, parpol harus menyerahkan persyaratan administrasi yang lengkap karena terbatasnya waktu perbaikan," ucap Irwan.

Jumlah kuota untuk DPRD Provinsi Bengkulu yakni sebanyak 45 kursi, jadi sesuai aturan parpol bisa mendaftarkan calon legislator mereka dengan jumlah maksimal, yakni 45 orang.

"Kami menyerahkan daftar calon sebanyak 45 orang, sudah memenuhi keterwakilan perempuan. Untuk target kami optimistis mendapatkan satu kursi per daerah pemilihan, dan ada tiga dapil yang kemungkinan dapat dua," kata Ketua DPD Golkar Provinsi Bengkulu Rohidin Mersyah.?

Sementara itu, Ketua DPW Perindo Bengkulu, Yurman Hamedi, menyebutkan, parpol yang baru kali pertama mengikuti kontestasi pemilu legislatif ini hanya menyerahkan 42 calon mereka untuk maju memperebutkan kursi DPRD Provinsi Bengkulu.

"Ya kami hanya 42 orang, itu sudah cukup. Soal keterwakilan bahkan kami melebihi dari syarat minimal," ujarnya.

Pewarta: Boyke ledy watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018