Bengkulu, (ANTARA Bengkulu) - Prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu menyebutkan, wilayah Bengkulu 12 jam ke depan berpeluang terjadi cerah dan berawan.

Hal itu dilihat dari pantauan citra satelit cuaca bahwa ada daerah liputan awan di wilayah Sumatera khususnya Bengkulu, kata analisis BMKG stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Rosyidah.

Ia menjelaskan, dari pantauan citra satelit itu juga ada daerah turun hujan, terutama berada di wilayah Aceh, wilayah Sumatera Utara, wilayah Sumatera Barat hingga Mentawai.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Timur Laut hingga Selatan dengan kecepatan 08 - 40 km/ jam atau 05 - 22 knots.

Dari sepuluh kabupaten/kota di Bengkulu sebagian besar terjadi berawan mulai dari Mukomuko, Bengkulu Utara hingga Kota Bengkulu, suhu udaranya berkisar 23-32 derajat celcius dan kelembaban antara 58-95 persen.

Sedangkan di dua kabupaten yaitu Bengkulu Selatan dan Kabupaten Kaur berpeluang terjadi cerah berawan, dengan suhu udara berkisar 23-32 derajat celcius dan kelembaban antara 56-94 persen.

Ia juga memprakirakan, gelombang laut di perairan Bengkulu tiga meter, angin di wilayah itu bertiup dari Timur Laut hingga Selatan dengan kecepatan antara 05 - 20 knots.

Angin di perairan Enggano berhembus dari arah Timur hingga Tenggara dengan kecepatan antara 10-22 knots dan gelombang lautnya mencapai 3,5 meter.

Selanjutnya gelombang laut di Samudera Hindia Barat Bengkulu juga 3,5 meter, angin di wilayah itu berpeluang bertiup dari arah Timur hingga Tenggara dengan kecepatan berkisar 10-22 knots, ujarnya. (ant)

Pewarta:

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012