Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Pasokan berbagai jenis bahan bangunan di Kota Bengkulu hingga pekan ini berlagsung lancar sedangkan permintaan masih seperti biasa.

Untuk pasokan jenis besi-besian didatangkan dari Pulau Jawa dan Medan, Sumut, namun paling diminat adalah produk Kratau Stil (KS), kata seorang pedagang bahan bangunan di Kota Bengkulu Samsul bahri, Selasa.

Ia mengatakan, pekan sebelumnya ada beberapa jenis bahan bangunan harganya turun seperti terjadi pada besi ukuran 8 mm sebelumnya dari Rp46.000 turun menjadi Rp42.000/ batang.

Untuk jenis basi beton lainnya juga bertahan seperti besi ukuran 6 mm dijual Rp18.000, ukuran 10 mm dijual 64.000 dan besi ukuran 12 mm tetap dijual 92.000 perbatang setelah sebelumnya naik. Sedangkan harga semen berbagai ukuran dan jenis tetap dijual Rp56.000 per zak, harga batu, pasir, koral dan batu pecah berbagai ukuran tetap seperti biasa dan stok cukup, ujarnya.

Permintaan bahan bangunan itu saat ini masih tinggi karena proyek pemerintah pada anggaran 2012 tengah berjalan, namun stok tetap cukup, ujarnya.

Namun kendalanya saat ini bahan bangunan, terutama besi-besian masih diangkut melalu jalan darat, sehingga harga tetap bertahan tinggi. Sedangkan semen berbagai merk antara Semen Padang, Tiga Roda dan Holxim diangkuat melalui transportasi laut, bila baha besi itu sudah diangkaut melalui kapal laut harganya akan turun, ujarnya.

Kabid Perdagangan Dinas perdagangan Kota Bengkulu Rahman, mengatakan, permintaan berbagai jenis bahan bangunan termasuk semen hingga saat ini masih tinggi, namun stok tetap cukup.

Hal itu diketahui berdasarkan evaluasi terhadap bahan bangunan selama tujuh bulan pada 2012, setelah itu permintaan akan jenis kayu-kayuan hingga bambu juga meningkat.  Ia mengatakan, meskipun permintaan akan bahan bangunan itu tinggi, tapi harga jenis besi beton dan lainnya terkendali setelah sebelumnya terjadi berpeluktuasi.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012