Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyiapkan lahan persawahan seluas 20 hektare milik kelompok tani di Kecamatan Selagan Raya untuk uji coba budi daya ikan dengan tanaman padi (mina padi).

"Hari ini sejumlah petugas mengecek kesiapan lahan milik petani di Kecamatan Selagan Raya untuk uji coba mina padi," kata Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Wahyu Hidayat di Mukomuko, Jumat.

Seluas 20 hektare lahan persawahan milik dua kelompok tani di Kecamatan Selagan akan menjadi sasaran uji coba program budi daya ikan dengan tanaman padi atau mina padi pada 2018. 

Ia menyatakan, pelaksanaan uji coba program mina padi di daerah itu setelah selesai musim tanam kedua padi sawah tahun ini. Sedangkan pelaksanaannya pada September 2018.

"Setelah musim tanam kedua padi sawah tahun ini, seluas 20 hektare sawah milik petani di wilayah itu yang mendapat program mina padi langsung `balik batang," ujarnya. 

Dua kelompok tani menerima penyaluran dana untuk uji coba program mina padi dalam waktu dekat ini, atau setelah penetapan penerima program ini oleh Pemprov Bengkulu. 

Ia menyatakan, dua poktan yang memiliki lahan persawahan masing-masing 10 hektare itu akan menerima dana program mina padi sebesar Rp43,250,000. 

Dana program mina padi sebesar itu, katanya, digunakan untuk membeli benih ikan, ?benih padi dan sarana produksi.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018