Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan hingga kini sebanyak 4.908 ekor sapi Bali di daerah itu yang telah divaksinasi untuk mencegah penyakit jembrana.

"Sebanyak 4.908 ekor sapi Bali di daerah ini divaksin mengunakan vaksin bantuan dari pemerintah pusat dan provinsi setempat," kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Mukomuko Warsiman di Mukomuko, Minggu. 

Dinas Pertanian setempat dalam tahun ini menerima dua kali bantuan vaksin untuk mencegah penyakit jembrana terhadap ternak sapi dari pemerintah pusat dan provinsi setempat.

Instansinya menggunakan sebanyak 9.816 dosis vaksin bantuan dari pemerintah pusat dan provinsi untuk sebanyak 4.908 ekor sapi Bali di daerah itu, atau dua vaksin untuk setiap satu ekor sapi. 

Ia menyatakan, saat ini petugas kesehatan hewan di daerah itu masih terus memberikan vaksinasi mencegah penyakit jembrana bagi ternak sapi Bali di daerah itu. 

Selain petugas kesehatan hewan instansi itu yang memberikan vaksin, petugas Kementerian Kesehatan pada tahun ini pernah memberikan vaksin kepada ternak sapi. 

Ia menargetkan, mayoritas hewan ternak sapi di daerah itu mendapatkan vaksinasi untuk mencegah penyakit jembrana dalam tahun ini.

Instansinya memberikan sebagian besar sapi Bali vaksin untuk mencegah penyakit jembrana untuk mengantisipasi penyebaran penyakit ini di daerah itu. 

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018