Mukomuko (Antara) - Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memprioritaskan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) yang dibeli dari dana tugas perbantuan (TP) tahun ini, untuk sawah yang baru dicetak melalui program cetak sawah baru tahun 2017 dan 2018, milik kelompok tani di daerah itu.

"Kita prioritaskan bantuan alsintan berupa traktor tangan dan handprayer yang bersumber dari dana TP tahun ini untuk sawah baru dicetak milik kelompok tani di daerah ini," kata Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Ali Mukhibin di Mukomuko, Selasa.

Pemerintah daerah setempat tahun ini menerima penyaluran bantuan sebanyak 59 unit traktor tangan dan 63 handprayer dari pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.

Ia menyatakan, anggaran pembelian sebanyak 122 unit alat mesin pertanian tersebut bersumber dari dana TP pemerintah provinsi setempat.

Pemerintah setempat memprioritaskan bantuan alsintan untuk sawah baru dicetak itu guna mendukung program pemerintah pusat untuk menuju swasembada beras nasional. 

Selain itu, katanya, guna mendukung program padi jagung kedelai (Pajale) di daerah itu.

Sedangkan pembagian alsintan kepada kelompok tani yang memiliki lahan yang dicetak menjadi sawah baru sejak tahun 2017 hingga 2018 menunggu petunjuk teknis dari pemerintah provinsi setempat. 

"Kami masih menunggu petunjuk dari pemerintah provinsi setempat karena gubernur yang berencana membagikan bantuan tersebut," ujarnya.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018