Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, baru 39,80 hektare atau sembilan persen dari 400 hektare lahan perkebunan kelapa sawit yang telah dicetak menjadi sawah tahun 2018.

"Baru seluas 39,80 hektare, atau sekitar sembilan persen dari seluas 400 hektare lahan perkebunan kelapa sawit yang telah dicetak menjadi sawah baru tahun ini," kata Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Ali Mukhibin di Mukomuko, Selasa.

Pemerintah pusat tahun ini mengalokasikan dana sekitar Rop2,5 miliar untuk mencetak sawah baru di lahan seluas 400 hektare di Kabupaten Mukomuko.

Pelaksana kegiatan cetak sawah baru di daerah itu, yakni Komando Rayon Militer (Korem) 041/Gamas Bengkulu.

Korem 041 Gamas Bengkulu hingga kini telah mencetak sawah baru di lahan seluas 39,80 hektare di sejumlah desa di daerah itu.

Seluas 39,80 hektare lahan yang telah dicetak menjadi sawah baru tersebut tersebar di Desa Resno selluas 21,20 hektare, Desa Ranah Karya seluas 10,80 hektare dan Desa Lubuk Pinang seluas 7,80 hektare.

Ia menyatakan, Korem Gamas menggunakan sebanyak delapan alat berat untuk mencetak sawah baru di 400 hektare lahan yang tersebar di 15 desa.

Korem mengerjakan program cetak sawah baru tahun ini secara bertahap, setelah menumbangkan seluruh pohon sawit, kemudian dilanjutkan ke tahap pengolahan lahan menjadi sawah.

Sumber air untuk pengairan lahan kelapa sawit yang dicetak menjadi sawah baru di daerah itu telah tersedia.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018