Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Pembukaan jalan baru di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, dalam program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) Kodim 0409/Rejang Lebong saat ini sudah mencapai 3.595 meter atau 54,9 persen dari target 6.550 meter.

Komandan Kodim 0409/Rejang Lebong, Letkol Kav Budi Wirman didampingi Dan SKK TMMD 103 Kapten Inf Hindarman di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan pembukaan jalan sepanjang 6.550 meter dengan lebar delapan meter tersebut pada hari ke-11 pengerjaannya sudah mencapai 3.595 meter.

"Saat ini cuaca di lokasi kegiatan sudah mulai masuk musim hujan, namun kegiatan pembukaan jalan baru itu masih bisa dilaksanakan," ujarnya.

Pembukaan jalan baru yang menghubungkan tiga desa di dalam Kecamatan Padang Ulak Tanding dengan Kecamatan Sindang Beliti Ulu (SBU) tersebut kata dia, nantinya akan mempersingkat jarak tempuh petani dalam mengangkut hasil bumi mereka atau pun untuk transportasi lainnya.
 
Pembukaan jalan baru dalam program TMMD 103 Kodim 0409/Rejang Lebong. (Foto dok Kodim 0409/RL)


Kalangan warga ketiga desa yakni Desa Jabi dan Pengambangan di Kecamatan SBU atau Desa Negeri Agung di Kecamatan Padang Ulak Tanding yang akan bepergian ke masing-masing desa, mereka tidak perlu lagi memutar jauh melalui Desa Kepala Curup, Kecamatan Binduriang.

"Dengan adanya program TMMD 103 ini, maka potensi yang ada di masing-masing desa dapat dikembangkan, kemudian meningkatkan perekonomian masyarakat maupun memperlancar arus transportasi masyarakat," tambah dia.

Dalam program TMMD yang dilaksanakan anggota TNI Kodim 0409/Rejang Lebong kali ini selain membuka jalan baru sepanjang 6.550 meter, pembuatan Poskamling dua unit, kemudian pemasangan gorong-gorong di lima titik, perbaikan lantai jembatan gantung serta pengecatan masjid.

Personel yang dilibatkan dalam TMMD 103 Kodim 0409/Rejang Lebong ini melibatkan 150 personel dari TNI/Polri dan 100 orang warga dari ketiga desa, ditambah unsur PNS dan lainnya dengan jenis pekerjaan fisik juga non fisik seperti penyuluhan kesehatan, sadar hukum dan lainnya.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018