Bengkulu (Antaranews Bengkulu) - Pemerintah Kota Bengkulu berencana menyiapkan sebanyak dua unit kapal wisata guna memudahkan akses kunjungan ke Pulau Tikus. 

"Nanti akan dioperasikan oleh dinas pariwisata atau perusahaan daerah, dengan begitu kita harapkan wisata Pulau Tikus menjadi lebih hidup lagi," kata Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan, di Bengkulu, Jumat. 

Saat ini, bagi para pelancong memang sudah tersedia transportasi ke pulau tikus melalui sejumlah perusahaan jasa wisata. 

Sementara tujuan pemerintah kota menyediakan dua unit tersebut, sebagai angkutan transportasi wisata alternatif, sebab ketersediaan kapal wisata memang masih terbatas. 

"Kita akan sediakan kapal yang benar-benar memenuhi seluruh aspek, seperti kenyamanan, spesifikasi kapal dan aspek keselamatan," kata wali kota. 

Kapal milik pemerintah daerah ini nantinya juga akan menjadi bentuk standar dan rujukan bagi perusahaan jasa yang juga ingin menyediakan transportasi serupa. 

Selain menyediakan jasa transportasi, Pemerintah Kota Bengkulu juga mewacanakan akan mereklamasi Pulau Tikus supaya dapat menampung tingkat kunjungan yang lebih besar lagi. 

"Tujuan utamanya sebenarnya agar pulau ini tak tenggelam akibat abrasi, kita akan jadikan Pulau Tikus menjadi seluas dua hektare," tutup Helmi.

Pewarta: Boyke ledy watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018