Mukomuko (Antaranews Bengkulu) – Harga jual getah karet milik petani di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, sejak sepekan  terakhir mulai mengalami kenaikan dibandingkan sebelumnya.

“Harga getah karet, baik kotor dan bersih di Kecamatan Penarik mulai naik dibandingkan sebelumnya,” kata petani kebun karet Kecamatan Penarik Yadi di Mukomuko, Sabtu.

Ia menyebutkan, harga getah karet kotor naik dari sebesar Rp5.500 per kilogram menjadi Rp6.500 per kg. Sedangkan harga getah karet bersih naik dari sebesar Rp6.000 per kg menjadi Rp7.500 per kg.

Ia menilai, kenaikan harga getah karet tersebut belum begitu signifikan untuk menambah pendapatan petani setempat, hanya sedikit menambah pendapatan petani dari sebelumnya.

Ia berharap, harga getah karet di wilayah ini kembali stabil seperti tahun sebelumnya, yakni sebesar Rp10.000 per kg.

Ia menyatakan, banyak petani di wilayah ini yang menebang pohon karet karena antara pendapatan dan pengeluaran tidak seimbang lagi.

Kasi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Sudianto menyebutkan saat ini harga getah karet di Kecamatan Air Rami, yakni getah karet kotor sebesar Rp7.200 per kg harga getah karet bersih Rp8.500 per kg.

Kemudian harga getah karet kotor di Kecamatan V Koto sebesar Rp6.200 per kg dan getah karet bersih Rp8.000 per kg, harga getah karet kotor di Kecamatan Penarik sebesar Rp6.500 per kg dan getah karet bersih 7.500 per kg.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018