Bengkulu Selatan (Antaranews Bengkulu) - Dinas Pertanian Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, mendorong peremajaan perkebunan sawit dengan membagikan 10.000 bibit kecambah sawit bersertifikat untuk petani di daerah itu.

"Bantuan bibit bersertifikat diberikan gratis untuk mengganti tanaman kelapa sawit yang telah berusia lebih dari 20 tahun. Pembagian bibit ini akan dilakukan bulan depan," kata Kepala Dinas Pertanian Bengkulu Selatan Sukarni Dunip saat dihubungi di Bengkulu, Minggu.

Sukarni menuturkan, peremajaan tanaman sawit butuh modal besar. Dengan bibit gratis, petani rakyat diharapkan mau melakukan penanaman kembali (replanting) sawit baru.

Program peremajaan perkebunan sawit merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan produktivitas komoditas unggulan ekspor tersebut.

"Apabila produktivitas perkebunan meningkat, maka nilai perekonomian dan kesejahtaraan petani rakyat juga akan meningkat," tuturnya.

Untuk mendapat bantuan bibit sawit bersertifikat, sambung Sukarni, petani harus mengajukan permohonan melalui petugas dari Dinas Pertanian Bengkulu Selatan.

Permohonan usulan bisa dilakukan secara perorangan maupun kelompok tani dengan melampirkan sejumlah persyaratan berupa fotokopi KTP, Kartu Keluarga, dan Sertifikat tanah.

Selain bantuan bibit, pemerintah juga mendorong petani untuk bisa menggunakan teknologi pertanian modern dalam upaya meningkatkan produktivitas tanaman sawit.

Pewarta: Sugiharto Purnama

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018